Laman

Rabu, 12 Oktober 2011

Tari Japin Kuala - Tarian Tradisi dari Kalimantan Selatan


 
TARI JAPIN KUALA




     Merupakan tari yang diambil dari gerak tari zafin yang bernafaskan Islam yang bergaya daerah Banjar Kuala. Penarinya pria dan wanita berpasangan. Bisa Juga antara wanita dan wanita.
     Mengapa Tarian ini dinamakan Tari Japin Kuala ? Sebab Tari Japin ini berasal atau tumbuh dan berkembang di daerah pesisir Sungai Martapura atau sering dinamakan daerah kuala. Tari Japin Kuala merupakan tari pergaulan muda – mudi di daerah Banjar, yang melukiskan rasa eratnya tali silaturrahmi dan persaudaraan. Tarian ini sangat disukai oleh muda-mudi Tanah Banjar karena disamping untuk mengekspresikan kegembiraan dalam suatu acara, tak jarang pula Tari Japin merupakan media untuk mencari jodoh. Walaupun tarian ini adalah tarian pergaulan namun masih memegang norma - norma agama Islam. 

 



        


     Japin memang sudah cukup lama dikenal masyarakat Banjar seiring masuknya agama Islam. Sayang sekali Kalsel yang terkenal agamis malah tidak melestarikan salah satu seni Islam tersebut. Gerak dasar tahtul, sisit dan step 4 memang sudah menjadi dasar gerak tari bermula dari daerah pesisir seperti Sungai Martapura.   
Banyak unsur disampaikan dari sebuah tarian bila mengambil makna terkandung. Pesan moral ada di dalam tarian Japin. Bila dibawakan muda-mudi bisa menjadi ajang silarutahmi dan persaudaraan seperti tergambar di Japin Kuala.
   
     Japin tidak jarang pula dihadirkan dalam berbagai acara, termasuk pernikahan. Keunikan dengan iringan layaknya musik panting menjadi sesuatu yang membuat pengunjung acara terpukau. 


2 komentar:

  1. minta Video Nya ada kh ? tolong share / upload !

    BalasHapus
  2. bisa kirim video Versi HP ! ke email ini minthaibahraya@gmail.com

    BalasHapus

kebebasab berkomentar yang penting positif ..